pengunjung

Monday, 3 June 2013

Tutorial WPAP Sederhana Untuk Pemula

Wedha's Pop Art Prtrait atau sering disingkat WPAP adalah seni kontemporer yang mulai terkenal pada era 90an. Penemunya adalah bapak Wedha Abdul Rasyid, akrab disapa Pak Dhe.
Seni ini tergolong unik karena menggabungkan garis garis dan warna yang diluar batas namun tetap membentuk sebuah kemiripan. Kali ini saya yang juga baru belajar juga pengen berbagi ilmu, bagaimana cara saya membuat WPAP.
Capcus saja sodara sodara, berikut tutorial WPAP ala saya.

1. Pilih Foto yang cocok buat WPAPnya. Buat pemula, carilah foto orang terkenal agar lebih mudah untuk menilai kemiripannya. Foto close up akan memudahkan anda anda buat belajar membuat WPAP.

2. Pilih aplikasi yang mau dipake, Photoshop boleh, Ilustrator bisa, Corel juga nggak papa. Kali ini saya make CorelDRAW X4. Lebih gampang dipahami buat pemula.


3. Import foto yang sudah dipilih tadi ke dalam bidang kerja, cari posisi yang uenak biar WPAPnya lebih gimana gitu.




4. Mulai membuat facet (bidang bidang dalam WPAP), kali ini saya make Polyline tool.

Facet adalah bidang dalam WPAP, usahakan facet yang dibuat sederhana saja (tidak terlalu banyak tekukan/patahan). Memang sulit membuat objek menjadi mirip dengan facet sederhana, namun disitulah serunya. (y)
A. Langkah membuat facet di awal ini adalah membuat identitas si tokoh, misalkan mata, bibir, hidung, rambut, agar sebelum mukanya diacak acak sudah kelihatan mirip duluan. Saya memulai buat facet dari yang terlihat mudah, misalkan saya akan mulai dari daerah seperti kaca mata dulu.


B. Setelah membuat identitas tokoh, langsung buat facet kulit beserta efek efeknya, mulai dari yang gelap dulu, menuju yang terang. Ingat, selama tidak mengurangi kemiripan, garis horisontal dan vertikal harus diutamakan. Jangan lupa buat improv, biar hasil karya lebih otentik. :D



5. Setelah faceting, langsung saja kita beri warna, perhatikan sisi gelap dan terang, pemberian warna secara advance menggunakan clan, setiap klan tidak boleh berdekatan. Ada magenta, ungu, biru, hijau, kuning, putih, dan hitam. Untuk pemula disarankan mencontoh pewarnaan dari WPAP yang sudah bagus. Meniru adalah proses belajar yang termudah, namun ingat, tetap improvisasi, biar hasilnya lebih hot.


jangan lupa, buat transparan outlinenya. Kasih sedikit improvisasi seperti efek buat bikin khas.

6. Langkah terakhir adalah finishing. Berikan sentuhan seni anda seperti mengolah background, menambah tulisan bahkan mungkin trademark. Buat karya semenarik dan sekeren mungkin.


Jeder, jadilah WPAP sederhana Dion Idol ala Fahrizya Indra alias Marzeng, selamat mencoba kawan!