pengunjung

Wednesday 22 May 2013

Benar atau Salah?


     Dalam hidup, jika kita mengenal kata "benar", maka kita pasti tau kata "salah". Benar dan salah tidak akan pernah dapat dipisahkan, kita tidak akan mengetahui sebuah kebenaran tanpa adanya kesalahan, dan sebaliknya. Namun dapat di temui di banyak kasus, ada istilah "kesalahan yan dibenarkan" bahkan sebaliknya.

     Sebenarnya kebenaran dan kesalahan suatu keadaan tidak dapat dinilai secara mutlak dalam kehidupan sosial. Berbicara kebenaran dan kesalahan terkait dengan etika. Seperti yang kita tahu, etika merupakan konsepsi baik atau buruk yang berlaku di masyarakat tertentu. Jadi menurut saya, kebenaran dan kesalahan itu sifatnya sangat subyektif sekali, dikatakan obyektif ketika ada sebuah kesepakatan yang mengatur kebenaran dan kebaikan tersebut, namun obyektifitas itu, juga merupakan subyektifitas.


Pusing? sama

     Kadang orang berfikir bahwa apa yang dia lakukan sudah benar namun ternyata salah. Kebenaran itu hanya berlaku dalam lingkungan awalnya saja, namun ketika masuk ke lingkungan baru dan sangat berbeda kebenaran itu bisa dapat berubah menjadi sebuah kesalahan. Seperti yang sudah saya bilang tadi, konsep baik dan benar itu ditentukan oleh sekelompok masyarakat dan berlaku dalam lingkup masyarakat tersebut.


     Jadi intinya berfikirlah matang sebelum kita bertindak, mungkin dapat menyakiti hati, mungkin dapat merubah keadaan, karena tidak semua yang kita pikirkan dapat diterima dengan mudah oleh orang lain.

Kalian yang telah memberiku kesempatan untuk belajar, terimakasih.

No comments:

Post a Comment